Android Paling Sangar LG (Review)

Jajaran ponsel Android kelas atas besutan LG mungkin kurang terdengar gaungnya dibandingkan produk Samsung atau HTC misalnya. Namun kehadiran Optimus G tampaknya berpotensi kuat membawa nama LG berkibar.

Ya, Optimus G adalah handset flagship LG. Sudah tentu, LG mencoba untuk melakukan yang terbaik agar Optimus G mampu bertaji di antara rival-rival beratnya.

Memang dari sisi spesifikasi maupun desain, tampak keseriusan LG dalam menggarap Optimus G. Seperti apa memangnya kebolehannya? Simak berikut ini.


'Punggung' Gorilla Glass


Handset berukuran 4,7 inch ini masih cukup kompak digenggam satu tangan. Meski untuk mengoperasikannya, pengguna akan cukup kesulitan jika tidak memakai kedua tangan.

Dilihat sekilas, tidak ada yang istimewa dalam desain Optimus G. Bentuknya seperti handset kebanyakan dengan bentuk nyaris persegi panjang dengan sudut-sudutnya sedikit melengkung.

Aksen metalik melingkari sisi bodinya yang terbuat dominan dari plastik. Namun plastik yang solid dan tidak terkesan murahan.

Salah satu yang membedakannya dari handset lain adalah bagian belakang dilapisi dengan kaca Gorilla Glass. Sehingga menambah kesan elegan. Kaca tersebut melapisi panel belakang yang terlihat berbintik bintik.


Tombol volume beserta slot untuk microSIM  berada di sisi kiri bodi Optimus G. Di bagian kanan, ada tombol on off. Lalu di bagian bawah terdapat port microUSB dan bagian atas ada headphone jack. Tidak ada tombol kamera.

Di bagian bawah layar, terdapat tombol kapasitif. Seperti biasa terdapat tiga tombol yaitu Back, Home dan Menu.

Optimus G punya desain unibodi sehingga bagian belakangnya tidak dapat dibuka. Secara keseluruhan, Optimus G berdesain simpel dan terasa solid di tangan.

Layar Jernih

Layar Optimus G yang berukuran 4,7 inch termasuk yang paling dijagokan dalam promosinya. Dengan resolusi 1280 x 768 berteknologi True HD IPS, memang layar Optimus G terlihat sangat jernih.

Jelas bahwa layar Optimus G memang termasuk yang terbaik di jajaran Android premium saat ini. Warna terlihat terang dan cemerlang, namun tidak berlebihan.

Sistem operasi Optimus G adalah Android 4.1.2 atau yang disebut sebagai Jelly Bean. Sama seperti vendor Android lainnya, LG coba menciptakan user interface sendiri yang dinamakan Optimus UI.


Beberapa fitur keren ditambahkan di Optimus G meski mungkin akan jarang digunakan oleh pengguna. Salah satunya dinamakan Q Slide untuk mengoperasikan dua fitur secara bersamaan.

Misalnya jika ingin tetap menonton video sembari membalas SMS, pengguna cukup menekan tombol Q Slide kemudian mengakses SMS. Kemudian, layar video bisa diturunkan tingkat transparansinya sehingga user bisa mengetik di atasnya.

Ada fitur bernama Quick Memo yang muncul dengan menekan dua tombol volume secara bersamaan. Fitur ini berguna untuk mencatat sesuatu, misalnya nomor telepon secara cepat di layar cukup dengan goresan tangan. Kemudian baru ditulis di kontak dengan meniru tulisan tersebut.

Satu lagi fitur yang cukup menarik. Yaitu live zooming di mana pengguna dapat memperbesar tampilan video.

Performa Sangar


Sebagai sebuah ponsel flagship, wajar jika hardware yang dibenamkan berkategori kelas atas. Optimus G dibekali prosesor 1,5 GHz Qualcomm Snapdragon S4 Pro generasi terbaru yang powerful dan RAM 2GB.

Pengoperasian ponsel sangat lancar dan layar sentuhnya berjalan mulus tanpa gejala lag. Saat melakukan multitasking pun tidak ada gejala operasional ponsel ini menjadi lambat.

Ketika diukur dengan aplikasi benchmark Quadrant Standar, Optimus G mencapai skor 7835. Jauh lebih tinggi dibandingkan One X yang menjadi salah satu pesaingnya.

Demikian juga soal mengakses internet berjalan nyaman ditunjang dengan layarnya yang luas. Cepat tidaknya akses tentu tergantung koneksi internet yang digunakan.

Pertanyaan pun muncul apakah dengan prosesor bertenaga daya baterainya akan bertahan lama. Namun prosesor Snapdragon S4 Pro biasanya cukup efisien soal penggunaan daya.

Dengan kekuatan baterai 2.100 mAh, Optimus G lumayan kuat dipakai seharian tanpa perlu isi ulang. Dengan catatan dalam pemakaian normal dan tidak digunakan berlebihan.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Informasi dengan judul Android Paling Sangar LG (Review). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://haritsmujahid.blogspot.com/2013/02/android-paling-sangar-lg-review.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Tuesday, February 19, 2013

Belum ada komentar untuk "Android Paling Sangar LG (Review)"

Post a Comment