10 SUPERKOMPUTER Paling Canggih




Pernahkah Anda bertanya-tanya, seperti apa rupa superkomputer paling kuat sepanjang masa? Superkomputer dengan kecepatan supersonik mereka memecahkan berbagai hambatan komputasi dan juga membawa revolusi dalam berbagai bidang seperti ilmu nuklir, kedokteran, lingkungan dan cuaca. Kekuatan komputasi komputer ini, bisa jadi diluar imajinasi Anda.
Di sini, uniknya.com telah mengumpulkan beberapa komputer paling kuat dan canggih yang terangkum selama tahn 2012 di dunia. Dan kami harap Anda akan menyukainya.

1. Titan, Amerika Serikat
Titan adalah superkomputer yang dikembangkan oleh Cray Inc di Oak Ridge National Laboratory untuk digunakan dalam berbagai proyek ilmu pengetahuan. Titan merupakan upgrade dari tipe terdahulunya Jaguar. Titan diumumkan pada bulan Oktober 2011 dan mulai beroperasi pada bulan Oktober 2012.
Menurut Cray, biaya pembangunan superkomputer ini pada tahun 2011 diperkirakan menjadi $ 97 juta. The National Oceanic and Atmospheric Administration menyumbang sejumlah kecil dana sebagai imbalan untuk komputasi saat selesai dengan sebagian besar dana yang disediakan oleh Departemen Energi Amerika Serikat. Komputer ini memiliki kinerja puncak teoritis dari 27 petaFLOPS, atau 27 perhitungan quadrillion per detik. Pada tanggal 12 November 2012, organisasi TOP500 yang memiliki kewenangan menetapkan rangking superkomputer dunia berdasarkan kinerja LINPACK mereka mengumumkan bahwa Titan peringkat pertama di 17.59 petaFLOPS, menggusur IBM Sequoia. Titan juga peringkat ketiga pada Green500, superkomputer 500 yang sama namun kembali leading dalam hal efisiensi energi.
(Sumber:wordpress.com)

2. IBM Sequoia, Amerika Serikat
IBM Sequoia adalah petascale Blue Gene / Q superkomputer yang dibangun oleh IBM untuk Administrasi Keamanan Nuklir Nasional sebagai bagian dari Simulasi Advanced dan Program Computing (ASC). Hal itu disampaikan kepada Lawrence Livermore National Laboratory (LLNL) pada tahun 2011 dan sepenuhnya dikerahkan pada Juni 2012.
Pada tanggal 14 Juni 2012, Komite Proyek TOP500 mengumumkan bahwa Sequoia menggantikan komputer K sebagai superkomputer tercepat di dunia, dengan kinerja LINPACK dari 16.32 petaflops, 55% lebih cepat dari 10,51 komputer K petaflops, menggunakan soket 123% lebih dari 705.024 komputer K soket. Sequoia juga lebih hemat energi, karena mengkonsumsi 7,9 MW, 37% kurang dari 12,6 MW komputer K itu. Memecahkan rekor aplikasi ilmu yang telah berjalan di Sequoia, yang pertama untuk menyeberangi 10 petaflops kinerja berkelanjutan. Simulasi kosmologi kerangka HACC mencapai hampir 14 petaflops dengan menjalankan patokan 3,6 triliun partikel, sedangkan kode cardioid, mencapai hampir 12 petaflops dengan mendekati simulasi real-time.
 (Sumber:wordpress.com)

3. K- Komputer, Jepang
Komputer K – dinamai berdasarkan kata dalam bahasa Jepang “kei”, yang berarti 10 kuadriliun. Komputer K adalah superkomputer yang diproduksi oleh Fujitsu, saat ini dipasang di RIKEN Advanced Institute for Computational Science di kampus Kobe, Jepang. Komputer K didasarkan pada arsitektur memori terdistribusi dengan lebih dari 80.000 node komputer. Hal ini digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk penelitian iklim, pencegahan bencana dan penelitian medis.
Pada Juni 2011, TOP500 menetapkan peringkat K Komputer sebagai superkomputer tercepat di dunia, dengan rating lebih dari 8 petaflops, dan pada November 2011, K menjadi komputer pertama 10 ke atas  petaflops. Itu semula dijadwalkan selesai pada bulan Juni 2012. Pada bulan Juni 2012, K digantikan sebagai superkomputer tercepat di dunia oleh American IBM Sequoia.
(Sumber:wordpress.com)

4. Mira, Amerika Serikat
Mira adalah petascale Blue Gene / Q superkomputer. Pada Juni 2012, ia terdaftar di TOP500 sebagai superkomputer tercepat ketiga di dunia. Ia memiliki kinerja 8,16 petaflops dan mengkonsumsi 3,9 MW dalam tenaga. Superkomputer ini dibangun oleh IBM untuk Argonne National Laboratory’s Argonne Leadership Computing Facility di dukung Departemen Energi Amerika Serikat, dan sebagian didanai oleh National Science Foundation. Mira akan digunakan untuk penelitian ilmiah, termasuk studi di bidang ilmu material, klimatologi, seismologi, dan hubungan komputasi.
Mira merupakan superkomputer yang dibuat sebagai respon terhadap kemajuan teknologi China dalam membangun superkomputer Tianhe-1A, yang terletak di Tianjin National Supercomputer Center, menduduki peringkat superkomputer paling kuat di dunia antara bulan Oktober 2010 sampai Juni 2011. Mira, bersama dengan IBM Sequoia dan Blue Waters menjadi mendatang, salah satu dari tiga petascale superkomputer Amerika yang diandalkan pada tahun 2012.
Biaya untuk membangun Mira belum dirilis oleh IBM. Laporan awal memperkirakan bahwa pembangunan akan menelan biaya $ 50 juta USD, dan Argonne National Laboratory mengumumkan bahwa Mira dibeli dengan menggunakan uang dari dana hibah sebesar $ 180 juta USD.
(Sumber:wordpress.com)

5. JUQUEEN, German
JUQUEEN merupakan nama sebuah superkomputer yang dibangun oleh IBM sebagai vendor, yang ditempatkan di Forschungszentrum Jülich, German pada 2012 ini. Superkomputer ini memiliki kemampuan 4,14 FLOPS (merupakan satuan pengukuran kecepatan kinerja suatu mikroprosesor biasanya dalam suatu aplikasi ilmiah). JUQUEEN dibangun dengan mengambil basis desain dari superkomputer komputer Blue Gene / Q dengan dilengkapi tipe prosesor PowerPC A2, dengan berbasis sistem operasi Linux.(**)
(Sumber:wordpress.com)

6. SuperMUC, German
SuperMUC adalah nama dari sebuah superkomputer baru dari Leibniz-Rechenzentrum (Leibniz Supercomputing Centre) di Garching dekat Munich yang akan memberikan daya komputasi berkelanjutan dalam petaflops. SuperMUC akan menjadi penerus dari Höchstleistungsrechner Bayern II (HLRB II). SuperMUC superkomputer tercepat di Eropa dan berada pada posisi 4 dalam daftar TOP500 pada 18 Juni 2012 International Supercomputing Conference di Hamburg, Jerman. Hal ini juga merupakan sistem Intel-kompatibel tercepat di dunia.
Superkomputer baru akan dijalankan oleh Jerman Bavarian Academy of Supercomputing Centre Science Leibniz dan akan tersedia bagi para peneliti Eropa untuk digunakan menyelidiki batas ilmu kedokteran, astrofisika dan chromodinamika kuantum dan disiplin ilmu lainnya seperti dinamika fluida komputasi, kimia komputasi, ilmu kehidupan, genom analisis dan simulasi gempa bumi. Ini akan beroperasi penuh di musim panas 2012. (Akhiran MUC dipinjam dari kode bandara Munich).
 (Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

7. Stampede, Amerika Serikat
Stampede merupakan nama sebuah superkomputer yang dibangun oleh Dell sebagai vendor, yang ditempatkan di Texas Advanced Computing Center, Amerika Serikat pada 2012 ini. Superkomputer ini memiliki kemampuan 2,66 FLOPS. Stampede dibangun dengan mengambil basis desain dari superkomputer komputer iDataPlex DX360M4dengan dilengkapi tipe prosesor Xeon E5–2680, dengan interconect infiniband berbasis sistem operasi Linux.
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

8. Tianhe-I, China
Tianhe-I, Tianhe-1, atau TH-1, dalam bahasa Inggris, “Milky Way atau Nomor Satu”, adalah superkomputer yang berkemmampuan dari Rmax (jangkauan maksimum) dari 2,566 petaFLOPS. Terletak di Pusat Supercomputing Nasional di Tianjin, Cina, yang juga adalah komputer tercepat di dunia dari Oktober 2010 sampai Juni 2011 dan merupakan salah satu superkomputer Petascale sedikit di dunia.
Pada bulan Oktober 2010, versi upgrade dari mesin (Tianhe-1A) menyalip ORNL Jaguar menjadi superkomputer tercepat di dunia, dengan tingkat komputasi puncak 2,507 petaFLOPS. Pada Juni 2011 Tianhe-1A dikalahkan oleh K komputer sebagai superkomputer tercepat di dunia. Baik asli Tianhe-1 dan Tianhe-1A menggunakan sistem operasi berbasis Linux.
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

9. Fermi, Italia
Fermi adalah nama sebuah superkomputer yang dimiliki CINECA yang terletak di Italia dibangun oleh IBM sebagai vendornya. Superkomputer ini memiliki kemampuan 1,72 FLOPS. Fermi dibangun dengan mengambil basis desain dari superkomputer komputer Blue Gene / Q dengan dilengkapi tipe prosesor PowerBQC 16C, dengan berbasis sistem operasi Linux.
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

10. DARPA Trial Subset, Amerika Serikat
DARPA Trial Subsetadalah nama sebuah superkomputer yang dimiliki IBM Devlopment Engineering yang terletak di Amerika Serikat dibangun oleh IBM sebagai vendornya. Superkomputer ini memiliki kemampuan 1,55 FLOPS. DARPA Trial Subsetdibangun dengan mengambil basis desain dari superkomputer komputer Blue Gene/Q dengan dilengkapi tipe prosesor Power 775, dengan berbasis sistem operasi Linux.(**)
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)









Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Informasi / Sejarah / Tech Unik dengan judul 10 SUPERKOMPUTER Paling Canggih. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://haritsmujahid.blogspot.com/2012/12/10-superkomputer-paling-canggih.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Friday, December 28, 2012

Belum ada komentar untuk "10 SUPERKOMPUTER Paling Canggih"

Post a Comment