Sejarah Unik Cocacola


Terlihat dari namanya, Coca-cola memang pernah diproduksi mengandung cocaine pada masa lalu.

Banyak yang tidak mengira, Coca-cola diciptakan oleh seorang ahli farmasi, John Pemberton. Apoteker yang menderita kecanduan, tetapi bukan pada cocaine.
Produk asli buatan Pemberton awalnya diberi nama cocawine, sangat populer pada tahun 1884 di Columbus, Georgia. Tetapi dengan keluarnya larangan minuman beralkohol, ia merubah formula coca-cola menjadi minuman tak beralkohol.Ia menggunakan daun coca dan kacangkola untuk bumbunya. Maka lahirlah Coca-cola pada tahun 1886. Pada mulanya minuman ini dijual di apotek dengan kemasan fountain drink, dimana pembeli harus membayar 5 sen tiap gelas. Dipuji karena kemampuannya menyembuhkan gejala dispepsia ketagihan morfin, yang juga diderita oleh Pemberton. Waktu itu kabarnya formula Coca-cola adalah 5 ons cairan coca untuk setiap galon. Tetapi kabar itu tidak pernah terbukti, karena hingga sekarang formula itu dijaga dengan ketat.
Pada tahun 1887 Pemberton menjual hak paten formula Coca-cola kepada Asa Candler yang selanjutnya mendirikan perusahaan dengan nama Coca-cola. Tetapi Pemberton juga menjual formulanya kepada orang lain, Charlie, putranya sendiri yang memproduksi minuman sejenis. Malang bagi Candler karena Pemberton menyatakan yag punya hak menggunakan nama Coca-cola adalah putranya. Sedangkan Candler hanya berhak menggunakan formulanya saja. Akibatnya produk milik Candler yag dinamai Yum-yum” dan “Koke” jatuh di pasaran. Apalagi semakin sulit menjual produk minuman yag mengandungcocaine.
Candler takut menghilangkan coca dari minumannya. Ia percaya, satu-satunya cara untuk tetap mempertahankan paten nama Coca-cola. Tetapi hingga tahun 1902, kandungan cocapada minuman itu dikurangi. Dan hingga 1929 Coca-cola benar-benar tidak mengandungcocaine.
Beberapa catatan fakta tentang minuman bersoda ini:
  • Coca-cola bisa digunakan untuk mengubati sengatan ubur-ubur.
  • Coca-cola bisa digunakan untuk cairan pembersih dan penghilang bau, misalnya pada toilet.
  • Jika rambutmu tertempel permen karet, gunakan cairan Coca-cola untuk membasuhnya. Maka permen karet akan dengan mudah lepas dari rambutmu.
  • Pada bagian bawah kemasan biasanya tertulis “oroginal formula” tetapi kenyataannya formula yang dipakai saat ini tidak asli lagi. Sejak tahun 1985 pembuatan Coca-cola tidak lagi menggunakan gula, tetapi diganti dengan fruktosa.
  • Warna asli Coca-cola adalah hijau.
  • Dalam bahasa Cina, kata coca-cola erarti “membuat mulut bahagia”.
  • Jika botol Coca-cola di seluruh dunia dikumpulkan dan disusun dari ujung ke dasar, panjangnya sama dengan jarak bolak-balik ke bulan 1667 kali.
  • Jika kamu minum Coca-cola hingga 8 botol sekali teguk, kamu bisa mati karena kadar karbon dioksida yang terlalu banyak dalam darah.
  • Di beberapa negara, polisi lalu-lintas dilengkapi dengan 2 galon minuman soda ini pada mobilnya. Gunanya untuk membersihkan darah yang menempel pada jalan setelah terjadi kecelakaan.
  • Hanya sedikit orang yang tahu formula rahasia Coca-cola. Pembuatannya dilakukan di satu pabrik pusat yang selanjutnya diekspor ke seluruh negara yang ada pabrik pengemasannya.
  • Hak produksi Coca-cola dijual hanya seharga $ 1,00 pada tahun 1890-an.
  • 94% penduduk dunia mengenal Coca-cola.
  • Coca-cola telah menerbitkan lebih dari 500 merk, termasuk diet coke, sprite dan fanta. Terdapat lebih dari 1200 pabrik pengemasan di seluruh dunia.
  • Ada sekitar 10.450 botol berbagai merk minuman keluaran Coca-cola dikonsumsi setiap detiknya.
  • Pada tahun pertama, terjual kurang dari 10 botol Coca-cola setiap harinya. Kini terjual lebih dari 1 milyar botol setiap harinya.
  • Meskipun kebanyakan orang menikmati Coca-cola dengan didinginkan. Di Hongkong ada yag mengkonsumsi Coca-cola setelah dihangatkan untuk mengobati demam.

Referensi:
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Informasi / Sejarah dengan judul Sejarah Unik Cocacola. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://haritsmujahid.blogspot.com/2013/03/sejarah-unik-cocacola.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Sunday, March 10, 2013

Belum ada komentar untuk "Sejarah Unik Cocacola"

Post a Comment