Teknologi to save nature


1. Komputer Hemat Energi
 
          Komputer adalah salah satu peralatan elektronik yang cenderung akan dipakai setiap hari. Tentu saja, komputer membutuhkan daya listrik yang tidak sedikit. Berikut ini tips agar komputer Anda lebih hemat energi.
Bila hendak membeli komputer, Anda perlu mengevaluasi kebutuhan Anda terlebih dahulu. Dengan memastikan bagaimana komputer itu akan digunakan, Anda akan terbantu untuk menentukan pilihan yang efisien. Bila Anda hendak menggunakan komputer untuk tugas sederhana, seperti memeriksa e-mail, surfing di internet, atau menonton film, maka netbook mungkin bisa menjadi pilihan utama Anda. Netbook bukan hanya lebih murah, namun juga memiliki prosesor yang menyedot lebih sedikit energi. Pastikan juga kalau komputer Anda menggunakan komponen-komponen yang low-power.
Saat menggunakan komputer, manfaatkan mode stand-by, sleep, atau hibernate. Mode ini akan menghemat energi pada saat komputer Anda sedang tidak aktif. Mengaktifkan screen saver bukan keputusan bijak karena tidak akan mengurangi penggunaan energi sama sekali.
Untuk mengoptimalkan penghematan energi ini, Anda dapat memanfaatkan fitur power-management yang disediakan oleh sistem operasi komputer Anda. Biasanya Anda membutuhkan program atau perangkat lunak tertentu untuk membantu pengaturan fitur tersebut, misalnya perangkat lunak Power Save Mac untuk pengguna Macintosh atau program EZ Wizard untuk pengguna Microsoft Windows XP.
Ketika Anda berniat mengganti komputer lama Anda dengan komputer baru, cobalah jawab pertanyaan ini: Apakah komputer lama Anda masih mampu memenuhi kebutuhan Anda? Bila "ya", coba pertimbangkan untuk memperpanjang masa penggunaannya. Keputusan ini bukan hanya menghemat pengeluaran Anda, namun juga mengefisiensikan material yang telah dirakit di komputer Anda.
Bagaimana bila jawaban Anda adalah "tidak"?
Kalau komputer lama masih berfungsi baik, Anda dapat menjualnya atau menyumbangkannya. Menyimpannya tanpa menggunakannya sama sekali bukanlah pilihan yang disarankan

 2. Proses Daur Ulang

          Barang elektronik yang populer seperti komputer dan handphone umumnya tidak didaur ulang karena belum jelas perhitungan manfaat ekonominya. Material yang dapat didaur ulang dari barang elektronik misalnya adalah logam yang terdapat pada barang elektronik tersebut (emas,besi,dll) ataupun bagian-bagian yang masih dapat dipakai (microchip, kabel, plastik dll). Namun tujuan utama dari proses daur ulang, yaitu kelestarian lingkungan, sudah jelas dapat menjadi tujuan diterapkannya proses daur ulang pada bahan ini meski manfaat ekonominya masih belum jelas.

3. panel surya

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Informasi dengan judul Teknologi to save nature. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://haritsmujahid.blogspot.com/2011/10/teknologi-to-save-nature.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday, October 31, 2011

Belum ada komentar untuk "Teknologi to save nature"

Post a Comment