Tips Penggunaan Smartphone Dengan BAIK dan BENAR


Smartphone kini telah berubah menjadi kebutuhan utama, setidaknya bagi mereka yang membutuhkan untuk selalu terhubung on-the-godan bisa mengakses internet dan berbagai fitur aplikasi. Namun, bisa jadi banyak pengguna yang belum sadar bahwa penggunaannya juga harus membutuhkan cara tersendiri, terutama untuk kemamanan. Berikut beberpa tips yang bisa dilakukan.
Keamanan menjadi bagian penting, sering kali smartphone hilang atau ketinggalan di tempat tertentu yang digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu sebaiknya beberapa tips ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
1. Password.  Kemaanan smartphone adalah yang utama, jangan lupa untuk mengatur passworduntuk perangkat Anda, gunakan pula kombinasi yang mudah diingat tetapi hanya untuk Anda, hindari menggunakan kombinasi umum seperti tanggal lahir, nama panggilan atau yang mudah ditebak. Kombinasi dengan angka bisa menjadi pilihan. Namun arus diperhatikan juga beberapa model password yang khas untuk smartphone tertentu, misalnya Android. Dunakan kombinasi garis yang tidak terlalu rumit tetapi tetap unik.
2. Penggunaan. Ketika menggunakan smartphone, usahakan jangan ditinggal di tempat yang terlalu jauh dari jangkauan Anda. Anda juga bisa menambahkan perlengkapan tambahan untuk perangkat Anda, seperti casing yang mudah dibawa dan aman, tali pergelengan tangan atauhardcase yang tetap gaya namun punya fungsi kemananan.
3. AplikasiSmartphone memungkinkan Anda untuk mengunguh (gratis atau beli) berbagai aplikasi, namun tentunya penggunaan aplikasi ini tidak bisa luput dari perhatian akan keamanan. Beli atau unduh aplikasi dari toko resmi sistem operasi yang ada atau toko aplikasi bawaan perangkat. Jangan lupa untuk cek komentar serta rating aplikasi sebelum mengunduh, atau Anda bisa juga cek nama pengembang untuk melihat detail dari aplikasi tersebut.
4. Data kontak. Anda bisanya ingin lebih mudah untuk mencari nama dari daftar kontak Anda, dan membubuhkan beberapa keterangan tambahan seperti Mama, Papa, atau Pacar. Namun sebaiknya hal ini dihindari. Alasan utama adalah menjaga hal yang tidak diinginkan terjadi ketika smartphone Anda hilang. Keterangan tambahan ini bisa saja digunakan oleh pihak tidak bertanggaung jawab untuk pemerasaan atau penipuan. Gunakan nama asli layaknya nama kotak normal.
5. Update sistem operasiSmartphone akan menyediakan sistem operasi sebagai alat pengoperasian dari keseluruhan aktivitas perangkat tersebut. Jangan malas untuk meng-updatesistem operasi dari perangkat Anda, karena biasanya disertakan pula peningkatan untuk keamanan, selain fitur-fitur baru. Sebagian besar sistem operasi menyediakan fasilitas OTA (over the air) yang memungkinkan Anda meng-update langsung dari perangkat dengan menggunakan WiFi atau jaringan internet.
6. Kenali dan pelajari smartphone Anda. Beli langsung pakai memang cara yang lebih mudah, tetapi tentu lebih baik jika Anda mempelajari dulu perangkat yang baru Anda beli. Dimana letak pengaturan privasi, dimana letak pengaturan aplikasi, foto dll. Jelajahi sebagian fitur (lebih baik semua) dari perangkat yang Anda punya dan cek mana yang Anda perlu atur mana yang bisa langsung digunakan. Jika Anda kesulitan memahami, tentu Anda bisa datang ke layanan pelanggan perangkat Anda atau mencari informasinya di internet (forum atau web), namun tentunya saran yang dibaca haruslah dicek pula kebenarannya. Lebih aman cek di situs resmi atau datang ke layanan purna jual.
7. Backup data. Jangan lupa untuk selalu mem-backup data yang ada di perangkat Anda. Apalagi jika Anda menggunakan smartphone untuk urusan pekerjaan, yang terkadang tersimpan dokumen penting. Berbagai sistem operasi yang ada di perangkat pintar biasanya menyediakan proses sync yang mudah. Setelah data di back up jangan lupa untuk menghapusnya jika sudah tidak terlalu dibutuhkan. Anda bisa mengakses data dari laptop atau desktop Anda.
8. Akses WiFi yang aman. Berinternet ria dengan akses gratis? Siapa yang tidak mau. Namun jangan sembarangan mengakses WiFi di tempat umum. Usahakan Anda tahu bahwa jaringan yang ada Aman. Cek juga pengaturan WiFi Anda, sebaiknya atur setiap notifikasi ketika ada jaringan WiFi, sehingga Anda bisa memutuskan apakah akan menggunakannya atau tetap pada koneksi yang Anda miliki.
9. Cek pulsa dan kuota di smartphone secara rutin. Ada kalanya Anda lupa melakukan cek pulsa dan kuota Anda, dan ketika asik berinternet ria koneksi Anda terputus. Pelanggan prabayar harus secara rutin melakukan cek agar tidak kehabisan pulsa atau kuota. Anda bisa juga mengunakan aplikasi yang diluncurkan operator Tri yang bisa memberikan kemudahan bagi Anda. Aplikasi ini bisa menjadi pengingat otomatis lewat fitur push-notification untuk melakukan cek kuota, dan membuat aktivitas internet Anda lebih mudah.
10. Teliti sebelum membeli. Terkadang Anda membeli smartphone karena sedang tren atau banyak teman Anda yang membelinya. Namun terkadang setelah membeli Anda merasasmartphone yang Anda punya kurang cocok dengan Anda. Teliti sebelum membeli, terutama dari berbagai fasilitas yang disediakan sistem operasi, antara iOS, Andarid, BlackBerry dan Windows Phone tentu memiliki cara penggunaan yang berbeda. Bisa jadi Anda kurang cocok menggunakan Android namun lebih pas menggunakan Windows Phone, atau yang lainnya. Cek fitur dan fasilitas yang Anda butuhkan, cari informasi sebelum memutuskan untuk membeli.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Cara-Cara / Informasi / Trick dengan judul Tips Penggunaan Smartphone Dengan BAIK dan BENAR. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://haritsmujahid.blogspot.com/2013/01/tips-penggunaan-smartphone-dengan-baik.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday, January 7, 2013

Belum ada komentar untuk "Tips Penggunaan Smartphone Dengan BAIK dan BENAR"

Post a Comment